Laman

Rabu, 01 Desember 2010

Contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran            : BIOLOGI
Kelas/Semester            : X/2
Standar Kompetensi   : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar       :
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam dunia tumbuhan dan peranannya bagi
kelangsungan hidup di Bumi.

Indikator                     :
  • Mengidentifikasi ciri-ciri umum Plantae.
  • Membedakan tumbuhan lumut, paku, dan biji berdasarkan ciri-cirinya.
  • Mengklasifikasikan tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuahn biji.
  • Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut,paku dan biji.
  • Menjelaskan siklus hidup tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan biji
  • Menjelaskan peranan berbagai jenis Plantae tertentu yang ada di lingkungan.
  • Memberikan contoh Plantae Indonesia yang memiliki nilai tinggi untuk berbagai kehidupan.

Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran (1 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri umum Plantae.
  • Siswa dapat membedakan tumbuhan lumut, paku, dan biji berdasarkan ciri-cirinya.
  • Siswa dapat mengklasifikasikan tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuahn biji.
  • Siswa dapat menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut,paku dan biji.
  • Siswa dapat menjelaskan siklus hidup tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan biji
  • Siswa dapat menjelaskan peranan berbagai jenis Plantae tertentu yang ada di lingkungan.
  • Siswa dapat memberikan contoh Plantae Indonesia yang memiliki nilai tinggi untuk berbagai kehidupan.

B.     Materi Pembelajaran:
Plantae : Tumbuhan Lumut, Paku, Dan Biji
·         Ciri-ciri Umum
·         Cara perkembangbiakan
·         Siklus hidup
·         Peranan
·         Contoh tumbuhan

C.     Metode Pembelajaran:
1. Metode Pembelajaran   : Kooperatif learning
2. Metode                          : Diskusi

D.    Langkah-Langkah Kegiatan:
       a. Kegiatan Pendahuluan
1)   Introduksi : -
2)   Prasarat     : Apakah ciri-ciri umum tumbuhan lumut?
3)   Motivasi    : Apakah perbedaan antara tumbuhan lumut, paku dan biji?
            b. Kegiatan Inti
1)      Siswa dibagi dalam 6 kelompok
2)      Guru menyuruh siswa untuk membawa beberapa contoh tumbuhan yang termasuk tumbuhan lumut, paku dan biji.
3)      Guru mengarahkan langkah-langkah kerja kelompok
4)      Guru membimbing dan siswa melakukan kegiatan
5)      Setelah melakukan kegiatan, setiap kelompok di suruh membuat rangkuman hasil diskusi
            c. Kegiatan Penutup
1)  Memberikan kesempatan pada siswa yang belum mengerti untuk
      Bertanya
2)   Siswa disuruh membuat laporan kegiatan
3)   Guru memberikan tugas tentang materi yang akan datang
4)   Evaluasi
E.     Sumber Belajar
1. Biologi 1 semester 2
2. Buku lainnya yang relevan
3. Kebun atau taman
F.      Penilaian
1. Tehnik penilaian      : Tehnik tertulis
      2. Bentuk Instrumen   : Tes PG
      3. Contoh Instrumen   :
                  1) Alat reproduksi seksual lumut adalah . . . .
                        a.   spora
                        b.   anteridium
                        c.   arkegonium
                        d.   biji
                        e.   tunas
                      Jawab: a
2) Hepaticopsida merupakan tumbuhan berumah dua karena . . . .
a.       dalam 1 individu terdapat dua macam spora
b.      setiap individu menghasilkan 1 macam gamet
c.       gamet jantan dan gamet betina dihasilkan oleh satu individu
d.      spora yang dihasilkan berbeda bentuk dan ukurannya
e.       satu individu menghasilkan spora jantan dan spora betina
   Jawab: b
3) Salah satu ciri tumbuhan paku yaitu . . . .
a.       menghasilkan spora sebagai alat reproduksi seksual
b.      batang berkambium dan membesar
c.       generasi sporofit lebih dominan daripada generasi gametofit
d.      belum dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun
e.       reproduksi aseksual dengan cara fragmentasi
    Jawab: a
4) Antara tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup terdapat
    perbedaan sebab pada tumbuhan berbiji terbuka . . . .
a.       terjadi pembuahan ganda
b.      bunganya tampak jelas
c.       terjadi pembuahan tunggal
d.      bakal bji terlindung daun buah
e.       batangnya tidak dapat membesar
    Jawab: c
5) Berikut adalah fase-fase dalam pergiliran tumbuhan paku
    1. Spora
    2. Zigot
    3. Tumbuhan Paku
    4. Sporangium
    5. Sporofit
    6. Protalium
    7. Anteridium dan Arkegonium
Urutan fase pergiliran tumbuhan paku yang benar adalah . . . .
a.       1, 6, 7, 2, 3, 5, 4
b.      1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
c.       1, 4, 5, 2, 7, 3, 6
d.      1, 6, 7, 4, 5, 2, 3
e.       1, 6, 5, 3, 7, 2, 4
Jawab: a
6) Tumbuhan berikut yang berkembang biak dengan cara membentuk
    strobilus jantan dan betina . . . .
a.       pinus, mangga, damar
b.      pinus, damar, melinjo
c.       damar, cemara, paku-pakuan
d.      melinjo, damar, jambu
e.       cemara, paku-pakuan, pinus
    Jawab: b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar